Terjemahan kitab Qurrotul Uyun

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْه ُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اما بعـد

Segala puji bagi Allah yang memiliki segala pengetahuan, yang mengajarkan pengetahuan kepada manusia dengan qolam (pena)

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada nabi Muhammad Saw. yang bersabda:
 مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّين
Artinya: “Barangsiapa yang dikehendaki Allah (mendapat) kebaikan, niscaya Allah akan memberikannya pemahaman dalam masalah agama.” (HR. Bukhari).

Nama: Qurrotul uyun
Pengarang: Muhammad at-Tahami Ibnu Madani
Hal: 80
Sumber
https://m.facebook.com/Mengejarsurga
Pengasuh : Ust Abdullah H Aseni tanjungan
Email
Mischazzahra@gmail.com / Mischazzahra@yahoo.com
Alamat : Jl Rukun ujung no 57 rt 005/05 pejaten timur ps. minggu jakarta selatan 12510


بسم االله الرحمن الرحيم
اللهم صلي على سيدنا محمد عبدك ورسولك انبي الامي وعلى أله وصحبه وسلم تسليما
بقدرة عظمة ذاتك في كل وقت وحين ً

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah,
limpahkanlah rahmat Mu kepada junjungan kami, muhammad SAW, Hamba Mu dan Utusan Mu, Nabi yang ummi, juga kepada para sahabat beliau, Berilah Beliau keselamatan yang sepadan dengan keagungan Dzat Mu di setiap masa dan waktu Segala puji bagi Allah yang memerintahkan para hamba­Nya untuk menikah dan melarang mereka berbuat zina.

Rahmat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada beliau, Nabi Muhammad SAW, yang jadi pemimpin bangsa Arab dan ajam (selain arab), yang bersabda : " Nikahlah kalian dan perbanyaklah keturunan, karena sesungguhnya aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian dihadapan umat lain.”
Juga kepada Keluarga beliau yang baik baik, para Sahabatnya, Istri istrinya, yang menjadi ummul mukminin ( ibunya kaum mukmin ), serta kepada para pengikutnya, dan orang-orang yang mengikuti jejak mereka sampai hari Kamat.

Maka ketika Nikah menjadi faktor yang sangat kuat dan tembok yang sangat kokoh untuk
menjaga umat manusia dari ketergelinciran kelembah dosa dan jurang kehinaan. Maka Alloh
menjadikan nikah sebagai karunia dan rahmat bagi hamba hamba_Nya yang mukmin serta
benteng tempat berlindung dari godaan setan yang terkutuk.

Apa yang terkandung di dalam syariat nikah, etika pernikahan, sunah sunah nikah, dan hal hal yang menyenangkan dalam pernikahan, menjadi bahasan utama dalam nazham (syair) karya " SYAIKH AL IMAM AL ALIM AL ALAMAH AL HAMMAM ABI MUHAMMAD SAYID QOSIM BIN AHMAD BIN MUSA BIN YAMUN AT TALIDI AL AKHMASYI RA ".

Dengan pertolongan Allah, Kami berusaha menyusun sebuah risalah yang ringkas, yang menjelaskan kalimat kalimat nazham tersebut. serta menjabarkan arti yang terkandung di dalamnya, tanpa bermaksud memperpanjang bahasan atau menghilangkan arti yang di kehendaki oleh penyusun nazham tersebut.
Risalah ini kami beri nama:
" QURROTUL UYUN SYARAH NAZHAM IBNU YAMUN ".
Insya Allah risalah ini akan bermanfaat bagi orang yang sedikit ilmu pengetahuannya atau yang mempunyai cara berfikir seperti Kami yang sangat miskin akan ilmu pengetahuan.

Kami berharap kepada Allah, semoga risalah ini di catat sebagai amal kebaikan yang tidak akan
putus pahalanya sebab kematian, dan bukan hal yang merugikan atau meresahkan, sebab bagi
orang orang yang beramal, putusnya amal adalah sesuatu yang sangat menakutkan.

Semua ini adalah berkat keagungan Nabi Muhammad Al Amin , semoga rahmat yang paling utama dan kesejahtraan yang paling bersih selalu di anugrahkan kepada beliau di setiap waktu dan masa.

Post a Comment

Previous Post Next Post