Mamba'u Ushulu Al-hikmah PDF

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْه ُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اما بعـد

Segala puji bagi Allah yang memiliki segala pengetahuan, yang mengajarkan pengetahuan kepada manusia dengan qolam (pena)

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada nabi Muhammad Saw. yang bersabda:
 مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّين
Artinya: “Barangsiapa yang dikehendaki Allah (mendapat) kebaikan, niscaya Allah akan memberikannya pemahaman dalam masalah agama.” (HR. Bukhari).

Kitab yang ditulis oleh Syek Abul Abbas Ahmad bin Ali Al-buny wafat tahun 622 H, beliau juga penulis kitab Syamsul Maarif Al Qubro.

Kitab yang menjadi rujukan para praktisi, para kiyai, ustad dan santri, yang banyak dikomentari oleh sekte Wahabi.

Allah telah berfirman:
يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَن يَشَاءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

Allah memberikan hikmah kepada siapa saja yang ia kehendaki. Dan barangsiapa diberinya hikmah, maka sungguh dia telah dianugerahi kebaikan yang melimpah. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran melainkan orang-orang yang berakal sehat. (QS. Al-Baqarah: 269)

منبع أصول الحكمة
أحمد بن علي البوني



Memuat 4 risalah penting dalam pokok-pokok ilmu hikmah termasuk ilmu huruf, ilmu wifiq, doa-doa dan mantra-mantra dan sebagainya

  1. Pokok-pokok dan aturan hikmah
  2. Mengetahui tata cara dan peletakan wifiq
  3. Penjabaran asma' barhatiyah (perjanjian lama)
  4. Penjabaran jaljalut sughro dan Qubro

Post a Comment

Previous Post Next Post