Ad Unit (Iklan) BIG

Agar semangat menulis artikel



Jangan pernah bilang anda tidak berbakat dalam suatu bidang, apalagi hal itu pekerjaan baik dan mulia, semua bisa kita pelajari dan kita mulai.

Seperti halnya menulis, tidak mau menulis atau berhenti menulis dan memutuskan berhenti jadi blogger hanya dengan alasan tidak berbakat itu sama sekali tidak rasional.

Memang, sangat banyak pemikiran dari teman-teman yang sudah lama ngeblok, katanya ngeblok itu hobi kalau tidak didasari hobi pasti akan putus ditengah jalan, "lebih baik berhenti sekarang daripada mempertaruhkan ratusan jam untuk menulis artikel tapi tidak menghasilkan apa-apa" katanya.

Tidak salah memang, kalau ada pemikiran semacam itu, dan faktanya memang demikian.

Saya termasuk orang yang gemar mencari informasi, dan satu hal yang saya tau memang banyak blogger berhenti ditengah jalan, ada yang berhenti setelah menulis puluhan/belasan artikel, ada yang berhenti setelah menulis ratusan bahkan ribuan artikel.

Menurut saya pribadi dari awal mereka salah dalam menentukan motiv untuk menulis, barangkali karena penghasilan dari adsen atau publisher iklan yang lain, atau menjadi afiliat penjualan apapun itu.

Dan setelah berjalan beberapa bulan bahkan beberapa tahun ternyata hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, akhirnya mereka sadar bahwa pekerjaan nya selama ini sia-sia saja.

Menurut saya tidaklah salah menjadikan adsen sebagai motivasi dalam menulis, namun menjadikan adsen sebagai satu-satunya motif untuk menulis tidaklah cukup.

Kita harus mulai dari awal, meluruskan niat dengan menuangkan ide-ide dan gagasan kita itu semata-mata untuk memberi manfaat atau pengetahuan baru bagi orang lain, terlebih bisa menginspirasi banyak orang, dan bahagialah ketika ada yang membaca tulisan-tulisan kita meskipun pengunjung blog hanya belasan orang perhari.

Mulailah mencari alasan yang kuat kenapa kita harus menulis..? apa yang seharusnya kita tulis..? Dan kenapa orang lain harus membaca tulisan kita..?

Ketika jawaban-jawaban itu kita temukan dalam diri kita, insyaallah kita akan menjadi penulis yang produktif dan konsisten, yang tidak ada bosan-bosannya corat-coret lembaran Maya ini meski hanya belasan orang yang mengunjungi blog kita.

Didunia ini hanya ada 2 orang, yaitu pelajar dan pengajar, silahkan memilih diantara keduanya. Kalau saya memilih belajar dan mengajar.




Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter