Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rukun shalat ada berapa

Rukun sholat yaitu ada 14

Ada yang perlu diperhatikan bahwa dalam beberapa naskah, rukun sholat jumlahnya berbeda-beda. ada yang menyebutkan 13 ada yang 14 dan ada juga yang 17, dan masing-masing mempunyai alasan tersendiri.

Perbedaan pendapat semacam itu sudah lumrah dikalangan ahli fiqih, dan bisa diterima serta dibenarkan oleh agama. kendati penyebutan jumlah/bilangannya berbeda namun dalam praktiknya tetap sama.

Pendapat yang mengatakan rukun sholat ada 13 dengan tidak menjadikan tuma'ninah sebagai rukun tersendiri, melainkan sebagai syarat sahnya masing-masing rukun, sehingga tidak perlu dihitung.

Dan pendapat yang mengatakan rukun sholat ada 14 itu dengan menghitung tuma'ninah sebagai satu rukun, dan mengaplikasikannya pada rukun-rukun yang lain.

Sedangkan yang berpendapat bahwa rukun sholat ada 17 itu dengan menghitung masing-masing tuma'ninah yang berada pada ruku', i'tidal, sujud dan duduk diantara dua sujud. kenapa hanya pada 4 rukun tersebut? karna dalam rukun sholat yang lain selain 4 rukun tersebut tidak mungkin bisa dilakukan tanpa tuma'ninah, misalnya ketika berdiri seorang yang sholat harus membaca fatihah, dan jelas bahwa durasi membaca fatihah lebih panjang dari durasi tuma'ninah yang diperkirakan dengan durasi ucapan " Subhanallah "

Berikut adalah rukun sholat yang ada 14 itu:

  1. Berdiri bagi yang mampu
  2. Niat
  3. Takbiratul irham
  4. Membaca surat Al fatihah
  5. Ruku'
  6. I'tidal
  7. Sujud
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Tuma'ninah disetiap keadaan
  10. Duduk tasyahud akhir
  11. Tasyahud akhir
  12. Membaca shalawat kepada nabi Muhammad SAW. pada tasyahud akhir
  13. Salam
  14. Tertib (mendahulukan yang awal dan mengakhirkan yang akhir)