Tingkatkan Literasi, Perbanyak Bahan Bacaan Cetak dan Digital-perpustakaan.org







Perpustakaan.org – Hallo teman perpustakaan.org, semoga hari ini dalam keadaan sehat walafiat, ingin mencari buku/artikel tentang seputar perpustakaan disini tempatnya,temukan buku-buku serta artikel perpustakaan terbaik kami hanya di perpustakaan.org.Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan 2022 menghasilkan beberapa keputusan. Diantaranya komitmen meningkatkan literasi bangsa Indonesia. Diantara caranya Berhubungan dengan memperkuat penyediaan bahan bacaan cetak maupun digital.


Hasil atau rekomendasi meeting koordinasi itu dibacakan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Ofy Sofiana di DKI Jakarta pada Rabu (31/3) tadi malam. Dia mengatakan, selama pelaksanaan meeting koordinasi dibahas sejumlah masalah literasi maupun perpustakaan. “Kemudian bersama-sama dicarikan solusinya,” katanya.


Ofy menyampaikan, isu utama yang dibawa dalam rapat tahunan itu adalah digitalisasi perpustakaan. Upaya ini dinilai sudah menjadi kebutuhan wajib bagi segala perpustakaan masa kini.


Sayangnya untuk menjalankan digitalisasi perpustakaan, kerap terbentur Berhubungan dengan ketersediaan anggaran. Ofy lantas membacakan secara rinci rekomendasi dari meeting yang digelar selama dua hari itu.


Diantaranya adalah peningkatakan budaya literasi Berhubungan dengan mempertimbangkan tingkat kegemaran membaca, akses internet, dan kunjungan ke perpustakaan atau Pertamanan baca. “Memperkuat literasi masyarakat melalui peningkatan akses pengetahuan, menyediakan bahan bacaan baik cetak maupun digital,” katanya.


Penyediaan bahan bacaan ini dikerjakan di tempat umum dalam bentuk layanan perpustakaan konvensional maupun berbasis aplikasi digital. Rekomendasi lainnya adalah mendorong pemerintah pusat dan daerah mendirikan perpustakaan umum di segala kecamatan sampai level desa dan kelurahan.





§




Perpustakaan ini bisa dijadikan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat bagi peningkatan kualitas SDM. Kemudian Perpustakaan Nasional bersama pemangku kepentingan bidang perpustakaan mendorong percepatan tersusunnya regulasi peta jalan pembangunan literasi (PJPL).


Dalam kesempatan itu, Ofy Pembayaran sekaligus menutup secara resmi pelaksanaan rapat koordinasi nasional bidang perpustakaan. Dia memberikan penguatan bahwa seluruh peserta untuk membawa Pergerakan literasi yang baik di daerah masing-masing.


“Semua yang kita melakukan ini merupakan panggilan tugas dan kecintaan kita sebagai insan perpustakaan,” tuturnya.





Terima Kasih teman perpustakaan.org telah membaca artikel/buku - buku di perpustakaan.org, Semoga teman perpustakaan.org dapat membuka wawasan teman perpustakaan.org sekalian dalam menimba ilmu di dunia maya,apabila ada kekurangan dalam penulisan berita di perpustakaan.org Mohon di maafkan,karena seyogianya penulis hanya seorang manusia biasa yang tidak luput dari sebuah kesalahan,jangan lupa tinggal komentar di berita ini ya sobat perpustakaan.org, terima kasih.

#perpustakaannasional, #perpustakaansekolah, #perpustakaananak, #perpustakaandigital, #perpustakaankeliling, #perpustakaanjalanan, #perpustakaanmini, #ayokeperpustakaan, #perpustakaandesa, #perpustakaanumum, #perpustakaandaerah, #perpustakaanrumah, #perpustakaanindonesia, #perpustakaanonline, #perpustakaangratis

Post a Comment

Previous Post Next Post