Bappenas Dorong Dana Desa Untuk Pengembangan Perpustakaan di Desa-perpustakaan.org







Perpustakaan.org – Hallo teman perpustakaan.org, semoga hari ini dalam keadaan sehat walafiat, ingin mencari buku/artikel tentang seputar perpustakaan disini tempatnya,temukan buku-buku serta artikel perpustakaan terbaik kami hanya di perpustakaan.org.Pemerintah berupaya terus meningkatkan kemampuan literasi masyarakat. Diantaranya adalah mengembangkan perpustakaan yang ada di desa-desa. Direktur Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan Bappenas Amich Alhumami menuturkan upaya tersebut diantaranya menggunakan dana desa.


Alokasi dana desa setiap tahunnya cukup Otak besar. Tahun ini dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat mencapai Rp 72 triliun. ’’Pemerintah mendorong pemanfaatan dana desa untuk pengembangan perpustakaan-perpustakaan desa,’’ kata Amich dalam paparan persiapan Rakornas Bidang Perpustakaan 2021 di DKI Jakarta Kamis (18/3).


Menurut dia pemaknaan terhadap literasi saat ini cukup luas. Literasi kini mencakup kemampuan mengakses dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi. Kemudian dapat ditransformasikan ke dalam kegiatan-kegiatan yang produktif dan memiliki manfaat ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat.


Amich menuturkan Bappenas membuat terobosan untuk literasi. Diantaranya adalah kebijakan dana alokasi khusus (DAK) fisik bagi meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan umum di daerah.


Melalui dana desa, juga bisa digunakan bagi memperluas kegiatan pembudayaan gemar membaca. Khususnya di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar. Program tersebut digelar dengan melibatkan para pegiat literasi di kepala daerah. ’’Termasuk pustakawan sebagai aktor penting mewujudkan tema (rakornas, Red) ini,’’ paparnya.


Kepala Perpusnas Syarif Bando menyampaikan tema yang diangkat dalam Rakornas Bidang Perpustakaan 2021 adalah Integrasi Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Literasi dan Pemulihan Hemat dan Reformasi Struktural. Menurut Syarif literasi sebagai kunci bagi berdaya saing. Dia juga ingin memastikan sisi hulu menmemperoleh berperan optimal memastikan ketersediaan atau pemenuhan kebutuhan bahan bacaan bagi 270 juta penduduk Indonesia.




Terima Kasih teman perpustakaan.org telah membaca artikel/buku - buku di perpustakaan.org, Semoga teman perpustakaan.org dapat membuka wawasan teman perpustakaan.org sekalian dalam menimba ilmu di dunia maya,apabila ada kekurangan dalam penulisan berita di perpustakaan.org Mohon di maafkan,karena seyogianya penulis hanya seorang manusia biasa yang tidak luput dari sebuah kesalahan,jangan lupa tinggal komentar di berita ini ya sobat perpustakaan.org, terima kasih.

#perpustakaannasional, #perpustakaansekolah, #perpustakaananak, #perpustakaandigital, #perpustakaankeliling, #perpustakaanjalanan, #perpustakaanmini, #ayokeperpustakaan, #perpustakaandesa, #perpustakaanumum, #perpustakaandaerah, #perpustakaanrumah, #perpustakaanindonesia, #perpustakaanonline, #perpustakaangratis

Post a Comment

Previous Post Next Post