GII Indonesia Rendah, Cirebon Power Gandeng PT Pos Sebar 1700 Buku-Perpustakaan.org

Hallo semoga teman perpustakaan.org dalam keadaan sehat, dalam berita Perpustakaan kali ini saya akan membahas perihal GII Indonesia Rendah, Cirebon Power Gandeng PT Pos Sebar 1700Buku, pembahasan dalam berita perpustakaan ini akan saya buat dalam sebuah narasi berita, semoga berita perpustakaan tentang GII Indonesia Rendah, Cirebon Power Gandeng PT Pos Sebar 1700Buku, dapat menambah pengetahuan teman perpustakaan.org,jangan lupa tinggalkan komentar pada Berita GII Indonesia Rendah, Cirebon Power Gandeng PT Pos Sebar 1700Buku, saran masukan teman perpustakaan.org sangat bermakna untuk kemajuan website ini.

Perpustakaan.org –  Laporan Global Innovation Index (GII) 2017 menyebutkan, Indonesia menduduki rangking 87 dari 127 negara. Posisi itu jauh tertinggal dari Filipina yang berada di urutan 73, Brunei 71, Thailand 52, Malaysia 37, dan Singapura di rangking 7.

Tertinggalnya Indonesia dari negara-negara tetangganya di Asia tenggara, dianggap tak lepas dari efek minimnya infrastruktur seperti taman bacaan dan perpustakaan, ditambah lagi kondisi jumlah buku yang tidak memadai.  

Berkaca pada kondisi itu, Cirebon Power bersama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) turut berpartisipasi dalam program Free Cargo Literacy (FCL) atau Pustaka Bebas Bea (PBB) yang diinisiasi PT Pos Indonesia. Tujuannya guna berperan menyebarkan ilmu dan inspirasi melalui buku.

Cirebon Power mendonasikan sebanyak 1.700 buku yang akan didistribusikan oleh PT Pos untuk 425 taman bacaan di seluruh Indonesia. 

Taman bacaan ini telah terdaftar di PT Pos Indonesia, yang akan mendapatkan masing-masing empat Buku Inovasi: Cerita Pendek Tentang Penemuan, Penciptaan, Kreativitas, dan Inovasi, karangan Heru Dewanto, Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang juga Presiden Direktur Cirebon Power. 

Menurut Heru, buku ini berisi 48 cerita pendek tentang penemuan, inovasi, dan kreativitas yang dihasilkan manusia. 

Buku ini juga menceritakan bagaimana berbagai temuan tersebut dihasilkan, proses terjadinya serta latar belakang yang mendorong terjadinya temuan dan inovasi, demi mendorong tumbuhnya cara berpikir kreatif anak sejak usia dini.

 “Buku ini ingin menjelaskan bahwa penemuan, inovasi dan kreativitas yang mengubah kehidupan manusia tidak selalu dan tidak harus terjadi melalui riset-riset yang resmi pemerintah, swasta, atau perguruan tinggi yang menelan biaya yang mahal,” katanya dalam sambutan di acara penyerahan donasi buku Inovasi Vestibule Kantor Pos Bandung, Jalan Asia Afrika No. 59 Bandung, Selasa (17/10). 

Menurut Heru, penemuan dan kreativitas bisa saja terjadi dalam keseharian atau sering disebut sebagai inovasi akar rumput. 

“Kita berharap, semangat inovasi akan bertumbuh di generasi muda kita. Karena inovasilah yang menentukan arah peradaban kita. Tak hanya itu, inovasi juga bermakna entepreneurship, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan kesejahteraan,” jelasnya.

Heru berharap, Buku Inovasi dapat menjadi salah satu instrumen penyebarluasan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi ke seluruh pelosok negeri. Serta mendorong anak untuk bermimpi, berpikir kreatif, dan berani melahirkan inovasi. 

“Buku Inovasi bisa dijadikan bahan modul story telling untuk menumbuhkan semangat inovasi dan kreativitas bagi anak-anak SD dan SMP,” paparnya. 

Selain itu, kata Heru, story telling juga terbukti mampu membuat kemampuan efektif membaca pada anak meningkat. 

Diketahui, sejak tahun 2016, Cirebon Power telah bekerja sama dengan relawan mahasiswa dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjalankan program story telling kepada siswa kelas 4-6 di 20 Sekolah Dasar di Cirebon, dengan menggunakan Buku Inovasi.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsih Wahju Setijono menjelaskan, hingga saat ini sudah terdapat 900 taman bacaan yang terdata di PT Pos Indonesia. 

Pihaknya mencatat, sejak Mei lalu saat Program Pustaka Bergerak diluncurkan, sudah sekitar 140 ribu buku yang didonasikan ke taman bacaan di seluruh Indonesia. 

“Bagi yang memiliki buku yang mau didonasikan, bisa disampaikan melalui PT Pos seperti yang dilakukan oleh Cirebon Power,” tandas Gilarsih.

Terima Kasih teman perpustakaan.org telah membaca berita perpustakaan tentang GII Indonesia Rendah, Cirebon Power Gandeng PT Pos Sebar 1700Buku, Semoga teman perpustakaan.org dapat membuka wawasan teman perpustakaan.org sekalian dalam menimba ilmu di dunia maya,apabila ada kekurangan dalam berita perpustakaan tentang GII Indonesia Rendah, Cirebon Power Gandeng PT Pos Sebar 1700Buku, Mohon di maafkan,karena seyogianya penulis hanya seorang manusia biasa yang tidak luput dari sebuah kesalahan,jangan lupa tinggal komentar di berita ini ya sobat perpustakaan.org, terima kasih.


Tag : #perpustakaannasional #perpustakaansekolah #perpustakaananak #perpustakaandigital #perpustakaankeliling #perpustakaanjalanan #perpustakaanmini #ayokeperpustakaan #perpustakaandesa #perpustakaanumum #perpustakaandaerah #perpustakaanrumah #perpustakaanindonesia #perpustakaanonline #perpustakaangratis

Post a Comment

Previous Post Next Post