Pemkab Malang Terus Dorong Minat Baca, Ini Upayanya-Perpustakaan.org


Hallo semoga teman perpustakaan.org dalam keadaan sehat, dalam berita Perpustakaan kali ini saya akan membahas perihal Pemkab Malang Terus Dorong Minat Baca, Ini Upayanya, pembahasan dalam berita perpustakaan ini akan saya buat dalam sebuah narasi berita, semoga berita perpustakaan tentang Pemkab Malang Terus Dorong Minat Baca, Ini Upayanya, dapat menambah pengetahuan teman perpustakaan.org,jangan lupa tinggalkan komentar pada Berita Pemkab Malang Terus Dorong Minat Baca, Ini Upayanya, saran masukan teman perpustakaan.org sangat bermakna untuk kemajuan website ini.

Perpustakaan.org – dikutip dari JawaPos.com, Minat baca masyarakat di Kabupaten Malang, Jawa Timur, masih tergolong rendah. Diketahui, pengunjung perpustakaan di Kabupaten Malang rata-rata 1.300 orang per tahun, dari total populasi penduduk 3 juta jiwa. Artinya, kurang dari 5 persen dari total populasi penduduk di Kabupaten Malang yang gemar membaca.

Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan, untuk memancing minat baca masyarakat harus ada perpustakaan terlebih dahulu. Selama ini, jumlah perpustakaan di Kabupaten Malang masih sangat minim.

“Gimana kalau tidak ada perpustakaannya. Kalau tidak ada perpustakaan, tapi ada penggiatnya, tidak masalah,” kata Rendra saat membuka kegiatan Koordinasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (22/11).

Saat ini, lanjut Rendra, perlu dilakukan percepatan pembangunan lembaga perpustakaan. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Pentingnya rapat koordinasi oleh camat, kepala desa, untuk terus melakukan percepatan. Utamanya pembangunan kelembagaan perpustakaan di desanya. “Karena semakin maju perpustakaannya, maka semakin maju pula masyarakatnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang Sukowiyono mengungkapkan, dari 378 desa di Kabupaten Malang, baru 25 persen saja yang mempunyai perpustakaan. Artinya, masih kurang dari 100 perpustakaan. “Secara garis besar itu jumlahnya sekitar 25 persen yang baru memiliki perpustakaan, yang lainnya belum,” tukas Sukowiyono.

Guna menindaklajuti permintaan Bupati Malang agar pembangunan kelembagaan perpustakaan di desa dipercepat, Sukowiyono mengatakan bahwa hal itu bisa direalisasikan melalalui Dana Desa. Landasan hukumnya adalah Permendes Nomor 19 Tahun 2017 tentang Prioritas Dana Desa Tahun 2018.

“Diatur juga untuk pembangunan perpustakaan desa. Artinya bisa untuk pembangunan gedung, sarana prasarana, buku, kemudian untuk fasilitas yang lain, itu diperbolehkan,” paparnya.

Terima Kasih teman perpustakaan.org telah membaca berita perpustakaan tentang Pemkab Malang Terus Dorong Minat Baca, Ini Upayanya, Semoga teman perpustakaan.org dapat membuka wawasan teman perpustakaan.org sekalian dalam menimba ilmu di dunia maya,apabila ada kekurangan dalam berita perpustakaan tentang Pemkab Malang Terus Dorong Minat Baca, Ini Upayanya, Mohon di maafkan,karena seyogianya penulis hanya seorang manusia biasa yang tidak luput dari sebuah kesalahan,jangan lupa tinggal komentar di berita ini ya sobat perpustakaan.org, terima kasih.


Tag : #perpustakaannasional #perpustakaansekolah #perpustakaananak #perpustakaandigital #perpustakaankeliling #perpustakaanjalanan #perpustakaanmini #ayokeperpustakaan #perpustakaandesa #perpustakaanumum #perpustakaandaerah #perpustakaanrumah #perpustakaanindonesia #perpustakaanonline #perpustakaangratis

Post a Comment

Previous Post Next Post