Satu Desa Wajib Punya Perpustakaan-Perpustakaan.org

Hallo semoga teman perpustakaan.org dalam keadaan sehat, dalam berita Perpustakaan kali ini saya akan membahas perihal Satu Desa Wajib Punya Perpustakaan, pembahasan dalam berita perpustakaan ini akan saya buat dalam sebuah narasi berita, semoga berita perpustakaan tentang Satu Desa Wajib Punya Perpustakaan, dapat menambah pengetahuan teman perpustakaan.org,jangan lupa tinggalkan komentar pada Berita Satu Desa Wajib Punya Perpustakaan, saran masukan teman perpustakaan.org sangat bermakna untuk kemajuan website ini.

Perpustakaan.org – Pemerintah saat ini mulai mewajibkan satu desa harus mempunyai setidaknya satu perpustakaan. Hal itu mengingat masih rendahnya minat baca serta literasi masyarakat.

“Wajib di setiap desa harus ada dan dikelola baik oleh kepala desa dan perangkatnya. Paling tidak di Balai Desa sudah ada,” ujar Ketua Poksi Komisi X Marlinda Irwanty saat kunjungan kerja di Balai Kota Malang, Rabu (7/2).

Dia menyampaikan, hal itu bertujuan untuk mendekatkan dan memberikan akses kepada masyarakat untuk bisa membaca. 

Terkait hal tersebut, lanjut Marlinda, Komisi X melakukan kunjungan ke tiga kota, yakni Malang, Batam, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada beberapa agenda yang dilakukan selama melakukan kunjungan kerja tersebut.

Pertama, melihat implementasi Undang-undang (UU) no 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. “Lihat sejauh mana jumlah deposit buku yang ada di perpustakaan,” terangnya.

Kedua, program perpustakaan daerah khususnya perpustakaan yang ada di desa. Ketiga, implementasi dari tanggung jawab pemerintah daerah untuk ikut membangun perpustakaan yang ada di wilayahnya.

Dia menerangkan, berdasarkan data dari Unesco, tingkat minat baca masyarakat Indonesia sangat miris. “Data itu menyatakan jika 1 buku dibaca 15 orang. Padahal seharusnya satu orang harus baca 2 buku. Saat ini akses buku hanya 41 persen,” ungkapnya.

Oleh karena itu, melalui kunjungan kerja ini sekaligus melihat apakah UU itu berjalan. “Misalnya, mendekatkan akses buku ke masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan perpustakaan desa. Kan di masing-masing desa ada dana desa yang jumlahnya cukup banyak. Salah satu dana desa bisa dimanfaatkan untuk pendidikan, seperti perpustakaan desa,” papar dia.

Dengan begitu, akses masyarakat dengan buku bisa semakin dekat, selain juga dibantu dengan komunitas baca yang ada. Bahkan, pihaknya juga mendorong perpustakaan nasional untuk membuat buku murah, bermutu, dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Selanjutnya, hasil kunjungan ini akan menjadi telaah ketika rapat kerja dengan perpusnas untuk melihat apakah UU sudah bisa berjalan dengan baik dan bagaimana kebijakan atau regulasi harus dilakukan supaya akses masyarakat lebih mudah. “Sehingga minat baca, budaya literasi bisa ditingkatkan,” sambungnya. 

Selain perpustakaan desa, pihaknya juga terus meningkatkan literasi dengan program perpustakaan sekolah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Banyak sekali program yang sudah dilakukan oleh pemerintah, tapi budaya literasi yang memang sangat rendah,” jelasnya.

Menurutnya, UU No 43 ini belum bisa menggerakkan sedemikian besar budaya literasi. “Nanti lihat apakah kebijakan ini perlu ada perbaikan dan harmonisasi. Karena UU ada irisannya dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan,” ucapnya. 

Untuk saat ini, pihaknya masih memfokuskan untuk menggerakkan masyarakat yang ada di tingkat paling bawah agar mau memanfaatkan buku dan meningkatkan literasi. Slaah satunya dengan perpustakaan desa. “Pilot project bisa dilakukan, misal di Malang. Pilih beberapa desa untuk dibuat perpustakaan,” kata dia.

Selanjutnya, bisa dilakukan penelitian untuk melihat apakah ada perbedaan antara desa yang ada perpustakaannya dan yang tidak ada. “Itu bisa jadi indikator salah satu faktor untuk meningkatkan budaya literasi,” tandasnya.

Terima Kasih teman perpustakaan.org telah membaca berita perpustakaan tentang Satu Desa Wajib Punya Perpustakaan, Semoga teman perpustakaan.org dapat membuka wawasan teman perpustakaan.org sekalian dalam menimba ilmu di dunia maya,apabila ada kekurangan dalam berita perpustakaan tentang Satu Desa Wajib Punya Perpustakaan, Mohon di maafkan,karena seyogianya penulis hanya seorang manusia biasa yang tidak luput dari sebuah kesalahan,jangan lupa tinggal komentar di berita ini ya sobat perpustakaan.org, terima kasih.

Tag : #perpustakaannasional #perpustakaansekolah #perpustakaananak #perpustakaandigital #perpustakaankeliling #perpustakaanjalanan #perpustakaanmini #ayokeperpustakaan #perpustakaandesa #perpustakaanumum #perpustakaandaerah #perpustakaanrumah #perpustakaanindonesia #perpustakaanonline #perpustakaangratis

Post a Comment

Previous Post Next Post