Perpustakaan Kota Batam Butuh Penambahan Buku-Perpustakaan.org

Hallo semoga teman perpustakaan.org dalam keadaan sehat, dalam berita Perpustakaan kali ini saya akan membahas perihal Perpustakaan Kota Batam Butuh Penambahan Buku, pembahasan dalam berita perpustakaan ini akan saya buat dalam sebuah narasi berita, semoga berita perpustakaan tentang Perpustakaan Kota Batam Butuh Penambahan Buku, dapat menambah pengetahuan teman perpustakaan.org,jangan lupa tinggalkan komentar pada Berita Perpustakaan Kota Batam Butuh Penambahan Buku, saran masukan teman perpustakaan.org sangat bermakna untuk kemajuan website ini.

Perpustakaan.org – dilansir dari JawaPos.com,Kondisi perpustakaan di Kota Batam masih jauh dari kata baik. Perhatian pemerintah, khususnya Pemerintah Kota (Pemkot) Batam masih jauh dari kata cukup. Pada 2018, anggaran pengadaan buku di Dinas Arsip dan Perpustakaan dibatalkan.

Penambahan 650 bahan pustaka umum,l terpaksa dibatalkan karena defisit anggaran. Anggota DPRD Kota Batam, Sukaryo mengatakan, anggaran pengadaan buku perpustakaan umum dianggarkan di APBD Murni.

Pengadaan 650 bahan pustakan umum Dinas Arsip dan Perpustakaan dianggarkan Rp 93,7 juta, dari total anggaran Rp 1,34 miliar. Namun rasionalisasi yang dilakukan menjadi Rp 681 juta pada APBD Perubahan 2018, membuat pengadaan buku ditiadakan.

“Ini disesalkan, padahal dinas ini sudah sangat membutuhkan penambahan buku,” kata Sukaryo ketika dihubungi Sabtu (29/12).

Pola rasionaliasi yang dilakukan Pemkot Batam terkesan mengabaikan bobot pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Batam. Padahal maju mundurnya sebuah kota tidak hanya diukur dari infrastukturnya saja. Lebih dari itu perlu dukungan SDM yang handal dan berkualitas.

Pemerintah jangan hanya sebatas mengejar pembangunan infrastruktur tapi menyiapkan SDM yang gemar membaca perlu didukung. Pemkot Batam harus bisa meniru daerah lain yang bisa menyediakan perpustakaan kota yang berkelas.

Dikemas sedemikian menarik sehingga masyarakat yang datang jadi betah membaca di perpustakaan.

“Budaya membaca kita sangat ketinggalan. Maka menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan jaminan fasilitas bahan bacaan yang berkualitas,” kata Sukaryo.

Anggaran Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Batam menjadi anggaran paling kecil dibanding dinas lainnya. Hal ini seakan-akan mengabaikan minat baca generasi muda.

Beberapa tahun terakhir ini anggaran hanya sekitar satu miliar. Belum lagi ada rasionalisasi yang mengurangi hampir separuh anggaran.

Terima Kasih teman perpustakaan.org telah membaca berita perpustakaan tentang Perpustakaan Kota Batam Butuh Penambahan Buku, Semoga teman perpustakaan.org dapat membuka wawasan teman perpustakaan.org sekalian dalam menimba ilmu di dunia maya,apabila ada kekurangan dalam berita perpustakaan tentang Perpustakaan Kota Batam Butuh Penambahan Buku, Mohon di maafkan,karena seyogianya penulis hanya seorang manusia biasa yang tidak luput dari sebuah kesalahan,jangan lupa tinggal komentar di berita ini ya sobat perpustakaan.org, terima kasih.

Tag : #perpustakaannasional #perpustakaansekolah #perpustakaananak #perpustakaandigital #perpustakaankeliling #perpustakaanjalanan #perpustakaanmini #ayokeperpustakaan #perpustakaandesa #perpustakaanumum #perpustakaandaerah #perpustakaanrumah #perpustakaanindonesia #perpustakaanonline #perpustakaangratis

Post a Comment

Previous Post Next Post